Dikjut Bagi Anggota Mapala Kompas

Denpasar – Salam Lestari! Pendidikan Lanjutan (Dikjut) Mapala Kompas STIKOM Bali merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh UKM Mapala Kompas STIKOM Bali bgi anggota untuk memilih salah satu dari divisi yang ada dalam UKM Mapala Kompas STIKOM Bali. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memilih divisi keanggotaan UKM Mapala Kompas STIKOM Bali setiap tahunnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 April 2022 di Br. Tabu, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Ketua panitia I Komang Krisna Raharja menjelaskan, “Diadakannya Dikjut ini kami berharap agar para anggota muda Mapala Kompas STIKOM Bali dapat lebih memperdalam ilmu mereka di masa Dikjut  ini sesuai divisi yang mereka pilih masing-masing, yang bertujuan untuk ke depannya agar Mapala Kompas STIKOM Bali memiliki regenerasi yang lebih baik dan dapat menurunkan ilmu serta pelajaran yang mereka dapatkan pada masa Dikjut ini kepada anggota muda yang akan bergabung ke dalam Mapala Kompas STIKOM Bali nantinya”.

Meski pandemi sempat menjadi penghalang berjalannya kegiatan, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para panitia dan peserta. Panitia tetap berusaha agar Pendidikan Lanjutan ini dilaksanakan untuk anggota Mapala Kompas STIKOM Bali yang belum memiliki divisi. Di Mapala Kompas STIKOM Bali terdapat dua divisi yaitu Divisi Hutan Gunung dan Divisi Rock Climbing. Di Divisi Hutan Gunung, materi yang dipelajari adalah  materi navigasi darat, sedangkan Divisi Rock Climbing mempelajari tentang materi dasar pemanjatan, sistem pemanjatan, aba – aba dalam pemanjatan, peralatan dalam pemanjatan, prakter SRT, praktek Top Rope dan praktek Free Climbing.

Pendidikan Lanjutan Mapala Kompas STIKOM Bali diikuti oleh 17 peserta, 13 peserta diantaranya memilih Divisi Hutan Gunung dan 4 peserta sisanya memilih Divisi Rock Climbing. Pada hari pertama peserta memulai kegiatan dengan me-review materi dari masing-masing divisi dimana Divisi Hutan Gunung me-review materi serta alat yang digunakan dalam bernavigasi dan Divisi Rock Climbing me-review materi tantang ala-alat yang digunakan dalam Rock Climbing, latihan membuat simpul dan jerat yang akan digunakan dalam latihan Rock Climbing dan mempelajari aba-aba dasar dalam Rock Climbing lalu dilanjutkan dengan memberikan materi kepada peserta secara praktek. Divisi Rock Climbing melakukan pemanjatan di tebing Songan dengan panduan dan arahan dari pemateri yang ahli di bidangnya. Sedangkan Divisi Hutan Gunung melakukan praktek membidik menggunakan kompas. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 08.00 – 18.00 Wita.

Pada hari kedua, peserta dari Divisi Hutan Gunung medapatkan pemaksimalan materi untuk mencari titik koordinat menggunakan papan yang digunakan sebagai acuan titik tembaknya yang telah disiapkan oleh pemateri dan panitia,  sedangkaan divisi Rock Climbing mendapatkan materi top rope, dan materi penambatan.

Setelah mengikuti kegiatan di hari pertama dan kedua, pada hari terakhir peserta mengikuti games dari panitia. Games tersebut terdiri dari transfer webbing, balik matras, dan volley ball. Kegiatan games ini diikuti oleh peserta, perwakilan dari tamu undangan yaitu UKM Himatography. Setelah melakukan games peserta melakukan MCK dan melakukan pembongkaran tenda lalu dilanjutkan dengan membersihkan area camp. Sebelum pulang para peserta dan panitia melakukan kegiatan makan bersama. Salam Lestari! (*)