Jimbaran-Himpunan Mahasiswa ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran (Himas Jimbaran) menyelenggarakan acara tahunan yaitu Festival Kesenian dan Olahraga atau yang biasa disingkat FESTIKA IV pada 15 – 20 Desember 2020. Tujuan kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kreativitas dan rasa solidaritas mahasiswa melalui lomba – lomba yang diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Acara dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu pengumpulan karya, penyisihan, presentasi dan juga penilaian dari tiap lomba.

Penyisihan karya

Pada Festika kali ini terbilang unik karena pelaksanaannya dilakukan secara online dan offline yang membuatnya menarik. Peserta yang mendaftar akan memberikan data diri serta karyanya via online google form kemudian diseleksi dan dinilai di ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran. Kegiatan panitia pertama yang diadakan adalah penyisihan karya dimana karya lomba yang dibagi menjadi 4 kategori lomba yaitu Web, Design Logo, Film Pendek, serta tournament PUBG (lomba hiburan) pada tanggal 15 Desember 2020. Dalam babak penyisihan tersebut dilakukan offline oleh beberapa juri yaitu:

  • Web Design :
    • Muhhamad Fauzan,
    • Ida Ayu Gede Suwiprabayanti Putra, S.Kom., M.T
    • Putu Gede Abdi Sudiatmika, S.Pd., M.Kom
  • Design Logo :
  • I Gusti Ayu Sri Melati, S.Kom., M.T
  • Komang Hari Santhi Dewi S.Pd., M.Pd
  • Film Pendek:
    • Dio Ramadhantya
    • Rifky Lana Rahardian, S.Kom., M.T
    • A.A. Raka Jayaningsih, S.I.Kom., M.Med.Kom
Pemenang lomba desain logo

Dan Online untuk tournament PUBG sendiri dilihat dari hasil perhitungan match yang dilakukan di beberapa 4 map berbeda dan poin dari masing – masing tim yang bertanding. Penyisihan dilakukan di ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran pada ruangan yang berbeda-beda. Untuk tahap penyisihan pelaksanaanya sendiri dimulai dari pukul 07:00 sampai dengan pukul 12:00 untuk lomba Web, Design Logo, dan Film serta pukul 12:00 sampai pukul 17:00 untuk tournament PUBG.

Pemenang lomba web

Pada awal acara presentasi ini dimulai dengan doa kemudian pemutaran video sambutan dari Direktur Direktorat ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran, I Wayan Gede Narayana, S.Kom.,M.Kom. Dilanjutkan dengan 5 peserta yang berhasil lolos dari masing – masing 2 kategori lomba yaitu Web dan Design Logo mempresentasikan hasil karyanya di ruangannya masing-masing. Saat presentasi karya, peserta diharuskan membawakan presentasi karyanya dengan menarik dan dapat mejelaskan alasan membuat karya tersebut.

Direktur ITB STIKOM Bali Kmpus Jimbaran I Wayan Gede NarayanaS.Kom., M.Kom.

Juri dari masing-masing lomba tersebut juga mengajukan banyak pertanyaan kepada peserta. Dari peserta sendiri melakukan presentasi langsung ke Kampus ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran dan bagi peserta yang tidak bisa hadir langsung dapat presentasi via MS.Teams. Dalam penilaian lomba Web yang menjadi dasar penilaian antara lain presentasi dari peserta, kerapian dari penulisan coding serta pemahaman peserta tentang web yang dibuat dan setelah penilaian dipilih 3 peserta terbaik yang menjadi juara.

Untuk Design Logo dasar penilaian antara lain presentasi, kreatifitas, warna, makna dan lain sebagainya lalu setelahnya juga dipilih 3 peserta terbaik yang menjadi juara. Pada tahap presentasi dimulai dari pukul 07:00 pagi samapai dengan pukul 12;00 yang diakhiri dengan sesi foto bersama juri dan peserta .

Puncak acara FESTIKA IV adalah tanggal 20 Desember 2020 yaitu penyerahan hadiah disertai dengan 5 peserta yang lolos dari kategori lomba film melakukan screening dan piching untuk mendapat 3 film terbaik dan 3 besar dari masing –masing lomba Web, Design Logo, dan tournament PUBG yang mana jumlah pesertanya dibatasi jumlah perwakilannya.

Dalam tahap kegiatan ini terdapat beberapa undangan untuk memeriahkan acara. Pada Pembukaan acara dimulai dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia raya.

Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua panitia, I Wayan Angga Pranaja. sambutan dari Ketua Himas ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran,  I Putu Ardipa Saputra, lalu sambutan dari Direktur Direktorat ITB Stikom Bali Kampus Jimbaran, I Wayan Gede Narayana, S.Kom.,M.Kom. dilanjutkan dengan screening film yang disertai dengan penilaian dan sesi tanya jawab dari juri lomba film pendek.

Dalam penilaian sendiri terdapat banyak aspek yang diperhitungkan antara lain kreatifitas, sudut pengambilan gambar, acting, cahaya, isi film, makna, isi cerita dan lain sebagainya. Setelahnya adalah sesi penyerahan hadiah dan piagam kepada para pemenang untuk semua kategori lomba di mulai dari Web, Design Logo, PUBG dan terakhir film pendek.

Acara ini tergolong sukses luar biasa. Tak salah jika Ketua Panitia FASTEKA IV Tahun 2020, I Wayan Angga Pranaja mengaku bangga atas gelaran ini. ‘”Atas kerja sama yang baik antara seluruh panitia dan peserta lomba sehingga acara ini sukses dan berjalan dengan baik, saya atas nama panitia mengucapka penghargaan yang tinggi dan banyak terima kasih,” kata Wayan Angga Pranaja. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi dan penutup dari acara FESTIKA IV. Sampai jumpa lagi pada FASTEKA V tahun 2021.***