UKM PROGRESS Gelar INFINITY 2016

Denpasar-Infinite Creativity on IT (INFINITY) merupakan salah satu acara tahunan Unit Kegiatan Mahasiswa Programmer of STIKOM Bali (UKM PROGRESS). Bertemakan “Light Up Your Future with Game and Creative Code” INFINITY 2016 terdiri dari tiga rangkaian acara yakni Seminar Game Development, DOTA 2 Tournament serta Programming Competition of STIKOM (PROGRESION). Seminar Game Development digelar pada hari Kamis 27 Oktober 2016 jam 10.30 WITA, dibuka dengan pergelaran Tari Cendrawasih, kemudian laporan dari Ketua Panitia Pande Putu Widya Okta Pratama, selanjutnya sambutan dari Pembantu Ketua III STMIK STIKOM Bali yang diwakilkan oleh I Komang Dharmendra, S.Kom sekaligus meresmikan pembukaan INFINITY 2016.


Seminar kali ini dihadiri oleh tak kurang dari 156 peserta seminar yang terlihat sangat antusias mendengar pemaparan materi dari Orlando Nandito Nehemia, salah satu founder dari komunitas Game Developer Bali. Berbagai pengahargaan telah dirah Nandito Nehemia, antara lain meraih 2 medali pada Game Intel Top Developer 2015 di Jakarta, mendapat sertifikat sebagai 3D Animator dan 3D Modeller dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, merupakan salah satu kelompok terbaik pelatihan Game Interaktif dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia serta segudang prestasi lainnya. Tak salah jika kemudian UKM PROGRESS STIKOM Bali mengundangnya untuk membagi ilmu kepada para peserta seminar. 
“Kak Nando” sapaan akrabnya menjelaskan kiat – kiat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Game Developer khususnya dalam Indie Game Developer. Selain menuturkan terkait hal – hal apa saja yang harus dimiliki atau diperlukan untuk menjadi seorang Game Developer, Nando juga menjelaskan bagaimana keadaan pasar di industri game baik di Indonesia maupun di luar negeri, serta bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari game yang telah dibuat. Nando juga memotivasi para peserta yang memiliki keinginan menjadi Game Developer untuk segera memulai membuat game dimulai dari sekarang, mengingat dirinya telah memulai membuat game semenjak di bangku SMK. “Gak perlu membuat game dengan ekspetasi terlalu tinggi, misalnya pingin ngalahin game Asphalt 8, DOTA 2 dan sebagainya, tapi cukup membuat game sederhana yang orang – orang bisa enjoy dan fun saat memainkannya,” tutur Orlando. Acara seminar Game Development ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada pembicara serta foto bersama seluruh peserta seminar dengan pembicara, ketua panitia, Pembantu Ketua III STMIK STIKOM Bali serta perwakilan dari Senat Mahasiswa dan Badan Legislatif Mahasiswa STIKOM Bali.
DOTA 2 merupakan game strategi yang dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit Juli 2013 dan dapat dimainkan secara gratis pada operation system Microsoft Windows, OS X and Linux melalui distributor resmi valve, Steam. Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain. Setiap tim memiliki markas yang berada di pojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama “Ancient”.  Setiap tim harus berusaha menghancurkan “Ancient” tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter atau yang biasa disebut “Hero” yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang. Tercatat 32 tim yang mendaftar pada DOTA 2 Tournament tahun ini dengan kategori umum se-Balidan nusa Tenggara. Penyisihan 8 besar dilakukan secara online yang dimulai dari 17 Oktober hingga 22 Oktober lalu menggunakan sistem Best Of 1. Adapun tim yang lolos ke 8 besar yakni Sick On Floor, Kapak Tujeng, Legazy Gaming, Acyuta eSports, Team Dreamer, MOC E-sport, V3.De’Throne, GNK. Penyisihan dari 8 besar hingga Final bertempat di Auditorium STMIK STIKOM Bali dan diadakan “nonton bareng” di Lobby STMIK STIKOM Bali. Para mahasiswa pun dengan antusias ikut “nonton bareng” pertandingan DOTA 2 sehingga menjadikan acara ini sangat seru mengingat DOTA 2 memiliki komunitas penggemar yang besar. 
 
Pada kualifikasi babak 8 besar menuju Semi Final menggunakan sistem Best Of 1 Double Elimination yang berlangsung pada Jumat 28 Oktober 2016, sementara Semi Final dan Final berlangsung pada Sabtu 29 Oktober 2016. DOTA 2 Tournament diakhiri dengan pertandingan Legazy Gaming vs Acyuta eSport. Pertandingan Final ini sangat seru mengingat kedua tim ini adalah tim besar  yang memang telah memiliki nama di kancah eSport khususnya DOTA 2. Kedua tim telah bertemu di awal penyisihan 8 besar. Acyuta yang awalnya kalah dan bermain di lower bracket dapat kembali hingga masuk di Final. Kedua tim saling tarik ulur dan beradu strategi dengan sengit untuk bisa menang, dan setelah beberapa jam bertanding akhirnya tim Acyuta eSport keluar sebagai juara. Tak ketinggalan satu lagi  rangkaian acara INFINITY 2016 adalah Programming Competition of STIKOM (PROGRESION) yang diikuti oleh 7 tim dari SMA/SMK se-Bali. Lomba ini bersifat project yakni tentang website pemesanan tiket pesawat. Seluruh tim melakukan presentasi project yang telah mereka buat di ruangan kelas Internasional 2 STMIK STIKOM Bali Sabtu 29 Oktober 2016. Juri dari Lomba PROGRESION 2016 adalah I Wayan Gede Narayana, S.Kom., M.Kom dan I Komang Setia Buana, S.Kom., MT. Para peserta dengan semangat mempresentasikan karya mereka dengan baik di hadapan para juri. Kriteria yang dinilai dari project adalah kesesuaian basis data dengan studi kasus, user friendly, business process, kreatifitas, mobile responsive support serta kemampuan para peserta dalam presentasi. Penutupan rangkaian kegiatan INFINITY 2016 diselenggarakan pada Sabtu 29 Oktober 2016 yang dihadiri oleh perwakilan dari Senat Mahasiswa dan Badan Legislatif Mahasiswa STMIK STIKOM Bali. Dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia Pande Putu Widya Okta Pratama, kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan oleh Ketua Panitia kepada pihak sponsor utama INFINITY 2016 yakni D’Throne yang telah mendukung seluruh kegiatan DOTA 2 Tournament. Acara yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman para juara DOTA 2 Tournament dan PROGRESION 2016. Juara DOTA 2 Tournament, yakni Juara I Acyuta eSport, Juara II Legazy Gaming, Juara III MOC E-sport. Sementara untuk Juara PROGRESION 2016 diraih oleh tim Tryan dari SMK Negeri 1 Denpasar sebagai Juara I, Juara II tim Bagol 2 dari SMK TI Bali Global, dan Juara III tim Logica dari SMK Negeri 1 Denpasar.
 
INFINITY 2016 ditutup dengan foto bersama seluruh juara dengan pihak sponsor, Senat Mahasiswa dan Badan Legislatif Mahasiswa STMIK STIKOM Bali serta dengan seluruh panitia INFINITY 2016.“Tahun ini banyak cerita yang kita alami bersama, sedih ceria dan bahagia dan masih bnyak yang harus di perbaiki kedepannya, semoga INFINITY menjadi event yang lebih besar lagi. Dan kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut ambil adil dalam mensukseskan INFINITY tahun ini, khusunya kepada pihak De’Throne yang telah mendukung kegiatan ini,” ujar Pande Widyaokta, selaku ketua panitia. (*)