Informasi Pendaftaran

Call For Pappers

E-tourism

Denpasar-Salam Design! Itulah salam dari UKM Multimedia untuk menyambut hangat teman-teman semua. UKM Multimedia merupakan wadah bagi mahasiswa STIKOM Bali yang ingin menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang multimedia seperti 3D Modelling, desain grafis, dan video editing. "Kami merancang beberapa program kerja yang dapat menyalurkan minat dan bakat mereka agar dapat diimplementasikan dalam berbagai kebutuhannya. Salah satu program kerja yang kami rutin lakukan ialah Pelatihan Mingguan kepada anggota aktif UKM Multimedia," ungkap Bima, Ketua Umum UKM Multimedia.

Pelatihan Mingguan merupakan pelatihan yang diberikan kepada anggota aktif UKM Multimedia yang dilaksanakan setiap seminggu sekali. Pelatihan ini telah berlangsung dari bulan Pebruari hingga Desember tahun 2018 lalu. "Dalam satu bulan kami mengadakan empat kali pertemuan, pertemuan minggu satu s/d tiga dilakukan pelatihan secara tatap kepada anggota kelas A, B dan C Kampus Renon, sedangkan untuk Kampus Jimbaran dilaksanakan minimal sehari setelah pelatihan di Kampus Renon dikarenakan berbeda tenaga pengajar dan kendala lokasi yang cukup jauh. Pertemuan minggu empat dilakukan pelatihan bersama secara tatap muka kepada anggota Mahasiswa Renon dan Jimbaran untuk semua kelas yang berlangsung di Kampus Renon. Minggu kelima dilaksanakan libur bersama, kemudian bulan selanjutnya kembali ke Pertemuan minggu pertama, begitu seterusnya," jelasnya.

Setiap Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi untuk setiap pertemuan. Sesi pertama adalah pelatihan untuk Kelas A yang dilaksanakan pada pukul 09.30. Kelas A adalah kelas bagi anggota yang berminat dalam 3D Modelling. Dilanjutkan Sesi kedua untuk Kelas B pada pukul 14.00 Wita yang mempelajari tentang desain grafis dan video editing. Sesi ketika merupakan kelas online untuk Kelas C, Kelas ini memiliki materi serupa dengan Kelas B hanya saja mahasiswa yang memilih kelas ini adalah mereka yang sudah bekerja atau memiliki kesibukan lainnya dalam waktu bersamaan pada saat pelatihan berlangsung. Jika diistilahkan kelas ini adalah kelas karyawan,  Kelas C hanya memiliki kesempatan tatap muka pada saat pertemuan minggu empat.

Sebanyak 203 anggota yang terdaftar dari pertemuan perdana UKM Multimedia pada Pebruari lalu. Namun, dari 203 tersebut harus memenuhi berbegai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pengurus termasuk Final Project sebagai syarat kelulusan anggota UKM Multimedia untuk mendapatkan sertifikat anggota yang dinyatakan kompeten dalam bidangnya. Sebanyak 70 anggota yang dinyatakan lulus sebagai anggota UKM Multimedia dari penilaian pengurus.

Lebih lanjut, Bima Kelakan menyampaikan bahwa meskipun dari anggota yang dinyatakan lulus berkurang banyak dari jumlah anggota yang terdaftar diawal, namun ia tidak menyayangkannya karena Ia yakin bahwa yang terpilih tersebut merupakan orang-orang yang memang kompeten dibidangnya dan serius mengikuti UKM Multimedia. “UKM Multimedia bukan hanya tempat untuk mendapatkan sertifikat atau SKKM semata, kita melatih dengan semaksimal mungkin yang kita bisa untuk mencetak anggota terbaik yang nanti dibutuhkan oleh industri serta berguna untuk masyarakat,” tandasnya.