Sarjana Komputer (S.Kom) yang mampu menganalisis dan merancang serta mengoperasionalkan fungsi hardware yang tepat guna serta mampu mengelola sistem komputerisasi baik untuk kepentingan riset maupun bisnis.

Akreditasi : Telah ter-Arakreditasi B dari BANPT dengan SK BAN  PT No: 251/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015
Gelar : S.Kom (Sarjana Komputer)
 Profesi  : Wiraswasta, Dosen, Konsultan IT, Sistem Analis, Programmer, Web Developer, Game Developer, Creative Industry, Database Administrator.

 

Visi dan Misi Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali
Visi dan Misi Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali

 

Visi Program Studi Sistem Informasi:

  • Menjadi program studi unggulan di bidang sistem informasi ditingkat nasional dan international serta berperan serta dalam pengembangan masyarakat ilmiah pada tahun 2020.
  • Prodi SI (S1) dengan standar ISO 9001-2008 sebagai manajemen tata kelolanya, dengan melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang terkelola dengan baik di bidang Sistem Informasi, yang sampai saat ini konsisten dengan kompetensi unggulan di bidang database, Desain Visual  dan Multimedia serta Business Intelence. Untuk mencapai Global University di tahun 2020, sampai saat ini STIKOM Bali telah mencapai tahap kedua yaitu dari tahun 2008 – 2013 di bidang tata kelola manajemen Good University Governance (GUG). Sedangkan periode ke tiga dari tahun 2013 – 2019 menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

 

Misi Program Studi Sistem Informasi:

Menyelenggarakan program pendidikan Sistem Informasi secara profesional dan berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampumenguasai, menerapkan, mengembangkan, dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi.

 

Tujuan Program Studi Sistem Informasi

Tujuan Prodi SI merupakan rumusan tentang hasil khusus Prodi SI dalam bentuk profil kompetensi yang diharapkan dari lulusan sesuai dengan kebutuhan dan standar yang dituntut oleh stakeholders internal dan eksternal, termasuk tuntutan pasar kerja. Paparan yang sangat jelas dan sangat realitis dari tujuan Prodi SI sebagai berikut:

  • Memberikan layanan yang profesional serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing global yang sesuai dengan harapan Stakeholder.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan orientasi Student Centered Learning sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu berkarya di bidang Database, Desain Visual dan Multimedia dan Business Intelligence.
  • Menghasilkan karya-karya yang diakui baik secara nasional maupun internasional melalui penelitian di bidang Database, Desain Visual dan Multimedia dan Business Intelligence.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengamalkan keahliannya di bidang Database, Desain Visual dan Multimedia dan Business Intelligence yang bermanfaat bagi masyarakat serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Dari paparan diatas, jelas tergambar bahwa Prodi SI telah memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang sangat jelas dan sangat realistik, karena diperkuat lagi dengan strategi pencapaian sasaran program studi yang Direncanakan, Dilaksanakan, Diukur, Evaluasi, sebagai mana prinsip 3DE (Direncanakan, Dilaksanakan, Diukur, Evaluasi) yang telah ditetapkan oleh pimpinan.

 

Konsentrasi Program Studi Sistem Informasi

  • Information System Developer
    Mendidik Mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang analisa sistem informasi baik sistem informasi akutansi, sistem komunikasi geografis serta pengembangan sistem informasi untuk masyarakat. Selain itu mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk melakukan audit sistem informasi.
  • Multimedia Developer
    Mendidik Mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang konsep dan aplikasi multimedia, desain grafis, komputer grafis dan komputer animasi serta kemampuan desain komunikasi visual.
  • Business Intelegence
    Mendidik Mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang kecerdasan dalam sebuah sistem. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam membangun sebuah sistem yang mampu memberikan sebuah keputusan sesai dengan data yang ada. Kecerdasasn dalam sebuah sistem dapat juga diambil dari kemampuan seseorang pakar dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sesuai dengan kemampuan pakar baik dalam hal prediksi maupun dalam hal pemberian alternatif keputusan.