Gianyar-SMAN 1 Blahbatu sangat beruntung mendapat kunjungan dari Unita Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotic and Embedded System (Rade) STIMIK STIKOM Bali pada  Selasa 31 Januari 2017. Perlu Anda ketahui, UKM Rade STMIK Bali adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa yang selama ini memenangkan berbagai lomba robotic, baik di tingkat lokal, regional hingga nasional.

 

Ketua  UKM Rade STMIK STIKOM Bali I Putu Sukma Raharja menerangkan, kunjungan ke SMAN 1 Blahbatu ini adalah dalam rangka pengabdian masyarakat UKM Rade tahun 2017.

“SMAN 1 Blahbatu kami pilih sebagai sasaran pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk mendekatkan para siswa di sekolah itu dengan dunia  robotic, terutama pengenalan tentang dasar-dasar mikrokontroler, ” terang Putu Sukma Raharja.

Acara ini dibuka oleh  Ketua  UKM Rade STMIK STIKOM Bali I Putu Sukma Raharja, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina UKM Rade Komang Agus Ady Aryanto dan sambutan dari  perwakilan PK III STMIK STIKOM Bali  I Komang Dharmendra, S.kom.

Kepala SMAN 1 Blahbatuh I Ketut Sulatra dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih kepada UKM Rade STMIK STIKOM Bali yang telah datang memberikan sesuatu yang sangat berguna bagai peserta didik di SMAN 1 Blahbatu. 

“Kami sangat senang dengan kedatangan  UKM Rade STMIK STIKOM Bali dan memperkenalkan  dunia robotic kepada anak didik kami,” kata Sulatra.

Ketika memasuki pemaparan materi  pengenalan dasar mikrokontroler, mulai dari menghidupkan LED, LCD, tampak para siswa sangat antusias mengikutinya secara saksama. Tak luput di sela- sela pembelajaran, pemateri memberikan tantangan kepada para siswa sekedar menguji daya ingatnya terhadap materi yang barusan diajarkan.

“Tampak para siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran Embedded System tersebut, para pembimbing juga tampak sangat bersemangat dalam menuntun para siswa agar tetap sesuai konteks pembelajaran,” terang Putu Sukma Raharaja.

Di akhir kegiatan, UKM Rade memberikan sebuah kenang-kenangan berupa plakat STIKOM Bali yang diterima oleh kepala sekolah I Ketut Sulatra. Sedangkan kepada para siswa yang berhasil memecahkan tantangan dari pemateri tadi diberikan  goodybag STMIK STIKOM Bali. Sesi foto bersama menandai akhir acara pengabdian masyarakat oleh mahasiswa UKM Rade STMIK STIKOM Bali di SMAN 1 Blahbatu, Gianyar. (*)