Denpasar – Kiprah STIKOM Bali dalam dunia pendidikan tinggi khusus nya di Bali sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain mendidik dan menciptakan lulusan yang terampil dan kompeten di bidang Teknologi Informasi, STIKOM Bali juga sangat konsen dalam menumbuhkan jiwa wirausaha / enterpreneurship kepada para mahasiswa nya.  Hal ini dapat dilihat dari kurikulum STIKOM Bali, dimana terdapat beberapa matakuliah yang fokus terhadap pengembangan jiwa kewirausahaan bagi para mahasiswaNYA.


 

Selain itu, STIKOM Bali juga sering bekerjasama dengan institusi yang bergerak di bidang enterpreneurship dalam mengadakan seminar dan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa. Salah satu nya adalah Tokopedia.com. Tokopedia.com merupakan perusahan marketplace terlengkap di Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2009. Saat ini Tokopedia sudah memiliki ratusan ribu merchant yang tergabung dengan jumlah barang yang terjual setiap harinya mencapai 2 juta barang.
Pada tanggal 28 Maret yang lalu, STIKOM Bali bekerjasama dengan Tokopedia menyelenggarakan seminar bertajuk Bisnis Online yang diadakan di Convention Center STIKOM Bali. Seminar ini menghadirkan pembicara Bapak Eka Wirya selaku Business and Merchant Development Tokopedia.Dalam seminar ini, team Tokopedia memberikan penjelasan kepada para peserta tentang bagaimana gambaran umum proses bisnis yang terjadi di Tokopedia, mulai dari pendaftaran keanggotaan sebagai merchant hinga terjadinya proses transaksi jual beli barang. Disamping itu juga diberikan penjelasan tentang bagaimana sejarah Tokopedia sejak 2009 hingga mampu menjadi besar seperti sekarang.

Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan didampingi koordinator cyberpreneurship global STIKOM Bali, I Made Sarjana, S.E.,M.M menyampaikan “ini kesempatan dan peluang yang luar biasa bagi para mahasiswa STIKOM Bali, dimana Tokopedia langsung datang ke kampus STIKOM Bali untuk menjelaskan kepada para mahasiswa betapa mudah nya untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Tokopedia bahkan secara gratis. Saya harap nanti nya banyak mahasiswa yang mau untuk mulai membuka usaha bisnis online, apalagi dengan Tokopedia, membuka toko online menjadi sangat efisien dan dapat merebut pangsa pasar yang jauh lebih luas”.
Seminar yang berlangsung dalam 2 sesi ini dihadiri tidak kurang dari 400 an mahasiswa STIKOM Bali. Para peserta nampak sangat antusias menyimak selama seminar ini berlangsung. Antusiasme para peserta ini juga diapresiasi oleh Bapak Eka Wirya selaku Business and Merchant Development Tokopedia. “Luar biasa, saya sangat gembira melihat antusiasme dari para mahaiswa STIKOM Bali ini. Semoga apa yang kami sajikan dari Team Tokopedia bisa mengisnspirasi mereka untuk memulai usaha, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas dari Tokopedia. Dan jangan lupa, semuanya gratis loh”, pungkas nya.